RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi
Waktu : 1 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi
Dasar :
1.1 Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·
Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
II.
Materi Ajar
·
Pengertian Biologi
sebagai ilmu
·
Ciri-ciri makhluk
hidup
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan-diskusi
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
(1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
·
Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di
jumpai oleh siswa.
·
Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk
hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
·
Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap
sebagai makhluk hidup.
·
Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup
yang dapat teramati.
·
Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
sebagai objek biologi
V.
Alat/Bahan/Sumber
·
Buku Kerja Biologi IA, Esis
·
Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·
Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar
sekolah
VI.
Penilaian
·
Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD
1.2)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 2 - 3
Alokasi
Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
(molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan : Siswa dapat
mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi ilmu biologi
I.
Indikator
·
Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan
hasil pengamatan
·
Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan
objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
·
Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi
kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
·
Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan
prospek salah satu cabang ilmu biologi
II.
Materi Ajar
·
Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1.
Objek
2.
Permasalahan
3.
Tingkat
organisasi
·
Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan
“kue biologi”
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan – Diskusi–Penugasan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai
objek biologi.
·
Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup
sebagai obyek biologi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok
makhluk hidup hidup
·
Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai
tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
·
Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan
dalam biologi.
·
Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan
biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan
biologi.
·
Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang
ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.
Pertemuan 3
(1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan
permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil
diidentifikasi siswa.
B. Kegiatan inti (25 menit)
·
Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta
perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat
makalah tentang satu cabang ilmu biologi,
perkembangan, dan prospeknya di masa depan.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Kerja Biologi IA, Esis
·
Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·
Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari
berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
VI.
Penilaian
·
Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD
1.1)
·
Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 4
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.1
Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan : Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur
tubuh virus, dan peran virus bagi manusia
I.
Indikator
·
Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto
ultramikroskopis
·
Mendeskripsikan ciri-ciri virus
·
Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
·
Menggambar skema reproduksi virus
·
Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
·
Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang
disebabkannya
II.
Materi Ajar
·
Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·
Ciri-ciri virus
meliputi:
1. Ciri benda mati virus
2. Ciri hidup virus
·
Struktur tubuh virus
·
Cara reproduksi virus
·
Peran virus bagi manusia meliputi:
1. Peran yang menguntungkan
2. Peran yang merugikan
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi-Penugasan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi
makhluk hidup.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk
hidup pada tingkat Kingdom.
B. Kegiatan inti (65 menit)
·
Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
·
Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus
berdasarkan foto ultramikroskopis.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur
tubuh virus.
·
Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk
hidup lain (kegiatan 3.1).
·
Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur
tubuh virus.
·
Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis
tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam
pelajaran berikutnya.
V.
Alat/Bahan/Sumber
·
Buku Kerja Biologi IA, Esis
·
Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab II dan III
·
Foto ultramikroskopis virus
·
Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus
VI.
Penilaian
·
Uji kompetensi tertulis
·
Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi
Dasar : 2.2 Mendeskripsikan
ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi
struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria
I.
Indikator
·
Menjelaskan pengertian prokariotik
·
Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
·
Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·
Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
·
Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia
II.
Materi Ajar
·
Pengertian prokariot
·
Ciri-ciri Eubacteria
1.
Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2.
Sturktur sel Eubacteria
3.
Cara hidup Eubacteria
4.
reproduksi bakteri
·
Klasifikasi Eubacteria
·
Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
·
Contoh-corntoh Archaeobacteria
·
Peranan bakteri bagi manusia
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi-Penugasan-Pengamatan
IV.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh
bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi
manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan
pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
·
Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan
struktur bakteri.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
·
Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
·
Siswa mengumpulkan laporan.
Pertemuan 6
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
·
Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
·
Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B. Kegiatan inti (65 menit)
·
Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel
dan koloni Eubakteri.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel
bakteri.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan
Archaebacteria.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi
manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt
dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.
VI. Alat/Bahan/Sumber
·
Buku kerja
Biologi 1A, Esis
·
Buku Biologi , SMA
Kelas X, Esis, Bab IV
·
Biakan bakteri
·
Air kolam
·
Mikroskop, kaca
objek, dan kaca penutup
VII. Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan bakteri
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 7 dan 8
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi
Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista
dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan
Protista, peranan Protista bagi manusia
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai
hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
·
Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan,
tumbuhan, dan jamur.
·
Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan
merugikan manusia.
II.
Materi Ajar
·
Ciri-ciri Protista meliputi:
1.
Protista yang meyerupai tumbuhan
2.
Protista yang menyerupai hewan
3.
Protista yang menyerupai jamur
·
Peranan protista bagi manusia meliputi:
1.
Peranan yang menguntungkan
2.
Peranan yang merugikan
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi - Penugasan - Pengamatan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
·
Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang
mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan
Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·
Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis
Protista.
·
Siswa menggambar hasil pengamatan.
·
Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 8
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang
menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
·
Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang
menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista
dengan menggunakan Kegiatan 5.3.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku kerja
Biologi 1A, Esis
·
Buku Biologi SMA
Kelas X, Esis, Bab V
·
Air kolam
·
Mikroskop, kaca
objek, dan kaca penutup
·
Berbagai
informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau
internet)
VI. Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan Protista
·
Makalah kajian Protista
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X
(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan
jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur
serta peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri
jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·
Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·
Membedakan spora aseksual dan seksual
·
Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
·
Membuat produk makanan yang menggunakan jamur
II. Materi Ajar
·
Ciri-ciri jamur meliputi:
1. Ciri struktur
2. Cara hidup
·
Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1.
Spora aseksual
2.
Spora seksual
·
Klasifikasi jamur
·
Peranan jamur bagi manusia
·
Proses produksi yang memanfaatkan jamur
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi – Pengamatan – Penugasan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal
siswa.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan
contoh jamur yang dikenal siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk
mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
·
Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil
pengamatan.
·
Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur
berdasarkan hasil pengamatan.
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.
Pertemuan
10 (2 jam pelajaran)
A.
Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan
kembali ciri-ciri umum jamur.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
·
Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan
contoh masing-masing divisi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi
jamur.
·
Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang
menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku kerja
Biologi 1A, Esis
·
Buku Biologi SMA
kelas X, Esis, Bab VI
·
Berbagai jamur
yang bisa dijumpai di sekitar siswa
·
Bahan-bahan
pembuat tempe
atau tape
VI. Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan jamur
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 1
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan
I.
Indikator
·
Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
·
Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·
Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil
pengamatan.
II.
Materi Ajar
·
Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan
ekosistem
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan – Diskusi
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang
dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
·
Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati
dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
·
Siswa mengamati
keanekaragaman hayati.
·
Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan
dan menyusun laporan
·
Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian
keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku kerja
Biologi 1A, Esis
·
Buku Biologi, SMA
kelas X, Esis, Bab VII
·
Berbagai makhluk
hidup yang ada di sekitar sekolah
VI.
Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 2
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan
keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber
daya alam
Tujuan : Siswa dapat
menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara
melestarikannya
I. Indikator
·
Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·
Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna
Indonesia.
·
Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
·
Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman
hayati.
·
Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.
II. Materi Ajar
·
Pembagian daerah
flora Indonesia
menurut Dr. Sampurna Kadarsan
·
Pembagian daerah
fauna Indonesia
menurut Wallace dan Weber
·
Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
·
Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
·
Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode
Pembelajaran
·
Diskusi – Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati
dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora
Indonesia menurut Dr.
Sampurna Kadarsan.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia
menurut garis Weber dan Wallace.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada
di Indonesia.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting
keanekaragaman hayati.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi
keanekaragaman hayati.
·
Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping
tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas
dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman
hayati Indonesia.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
a. Buku kerja Biologi 1A, Esis
b. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas
suatu daerah
VI.
Penilaian
·
Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi
Waktu : 3 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 3. Memahami
manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam
Dunia
Tumbuhan
dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan
ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia
I.
Indikator
·
Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
·
Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
·
Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
·
Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
·
Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
·
Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia
II.
Materi Ajar
·
Ciri umum dunia tumbuhan
·
Klasifikasi tumbuhan
·
Ciri-ciri dan struktur
tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
·
Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
·
Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
·
Peranan Bryophyta bagi manusia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru bersama siswa
berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
·
Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
·
Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak
terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
·
Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut
dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa mengamati
tumbuhan lumut secara berkelompok.
·
Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan
lumut.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan
mengumpulkan buku kerja.
·
Guru meyimpulkan
hasil kegiatan pengamatan.
Pertemuan 4
(1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
·
Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan
pengamatan sebelumnya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
·
Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut
berdasarkan pengamatan.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus
hidup tumbuhan lumut.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi
manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum
tumbuhan lumut.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
·
Spesimen tumbuhan lumut
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi
Waktu : 3 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 3. Memahami
manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam
Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan
hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan
ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan
pengamatan
·
Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia
II.
Materi Ajar
·
Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Klasifikasi tumbuhan paku
(Pteridophyta)
·
Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·
Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan – Diskusi
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
·
Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak
terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
·
Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan
menggunakan Kegiatan 8.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa mengamati
tumbuhan paku secara berkelompok.
·
Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan
paku.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan
mengumpulkan buku kerja.
·
Guru meyimpulkan
ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.
Pertemuan 6
(1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal
·
Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
·
Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus
hidup tumbuhan paku.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku
bagi manusia.
C. Kegiatan Akhir
·
Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
·
Spesimen tumbuhan paku
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 7
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan
ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya
bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu
menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
bagi manusia
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji
(spermatophyta)
·
Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·
Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar,
batang , daun, dan bunga
·
Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji
(spermathophyta)
·
Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji
(spermatophyta) bagi manusia
II.
Materi Ajar
·
Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
·
Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·
Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan
berbiji (Spermatophyta)
·
Peranan tumbuhan berbiji
(Spermatophyta) bagi manusia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan – Diskusi
IV.
Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang
belum dibahas.
·
Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan
siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan
berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi
tumbuhan berbiji.
·
Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji
berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
·
Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan
tumbuhan berbiji bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru meyimpulkan
hasil kegiatan pengamatan.
V.
Alat / Bahan/ Sumber
·
Buku Kerja Biologi, Esis
·
Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
·
Spesimen tumbuhan berbiji
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan
ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu
menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia
Hewan
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
·
Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·
Membandingkan
ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·
Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
II.
Materi Ajar
·
Ciri umum dunia hewan
·
Dasar klasifikasi dunia hewan
·
Klasifikasi dunia hewan
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan – Diskusi
IV.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan
tumbuhan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
·
Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
·
Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan
ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
·
Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.
Pertemuan
10 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal
·
Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan
mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B. Kegiatan Inti
·
Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan
menggunakan kegiatan 9.1
·
Siswa mencatat hasil pengamatan
·
Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke
tempat semula
·
Siswa menyusun laporan.
C. Kegiatan Akhir
·
Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
·
Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.
V.
Alat / Bahan/ Sumber
·
Buku Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
·
Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi
dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan
peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta
pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan
ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi,
dan materi dalam ekosistem
I.
Indikator
·
Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·
Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi,
komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·
Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam
ekosistem
·
Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring
makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
·
Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia
II.
Materi Ajar
·
Pengertian ekologi sebagai ilmu
·
Ekosistem dan komponen penyusunnya
·
Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
·
Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·
Berbagai interaksi dalam ekosistem
·
Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
·
Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
·
Daur biogeokimia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan – Diskusi
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
11 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi
antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
·
Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam
ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
·
Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
·
Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam
ekosistem.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan
komponen-komponennya.
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan
12 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah
aktivitas makan.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
·
Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai
makanan yang terjadi dalam ekosistem.
·
Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga
akan membentuk jaring-jaring makanan.
·
Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan
jaring-jaring makanan.
·
Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam
ekosistem serta daur biogeokimia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai
makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
·
Ekosistem yang ada di sekitar sekolah
VI.
Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi
dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah
kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3
Menganaisis jenis-jenis
limbah dan daur ulang limbah
4.4
Membuat produk dau ulang
limbah
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan
keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian
lingkungan
I.
Indikator
·
Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan
manusia
·
Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·
Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme
tertentu
·
Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan
organisme
·
Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap
lingkungan
·
Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·
Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
II.
Materi Ajar
·
Keseimbangan lingkungan
·
Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·
Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
·
Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·
Penanganan limbah dengan cara daur ulang
III.
Metode Pembelajarn
·
Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV.
Langkah Langkah
pembelajaran
Pertemuan 13
(2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia
dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·
Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia
terhadap lingkungan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan
dalam lingkungan.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia
terhadap keseimbangan lingkungan.
·
Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran
lingkungan.
·
Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran
lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan
dampaknya.
Pertemuan
14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
·
Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk
eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan inti (65 menit)
·
Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
·
Siswa membuat perlakuan eksperimen.
·
Siswa melakukan pengamatan.
·
Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu
mengumpulkan.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·
Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
·
Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah
dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
·
Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah
dengan menggunakan Kegiatan 11.3.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
·
Beberapa aktivitas manusia
·
Bahan untuk daur ulang kertas
VI.
Penilaian
·
Laporan hasil eksperimen
·
Uji kompetensi tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar